Rabu, 11 November 2015

Cikitha Meidy

Sampul Kaset Album : Kuku-Ku (1996), Kampuang Jauah Di Mato (1998), Melody Nusantara (1999), Ingat-Ingat (2000), Keretaku (2001), & Album Terlaris.

Penyanyi cilik kak Cikitha Meidy yang fenomenal. Suaranya khas dan gayanya sangat percaya diri, masih asli alias tidak dibuat-buat. Lagu Kuku-Ku merupakan lagu sepanjang masa bagi anak-anak Indonesia. Sekarang kita lihat sampul kaset albumnya.


Kaset ini dibandrol dengan harga Rp. 5.500,- , Isinya ada 10 lagu. Oya, dalam setahun kak Chika mengeluarkan tiga album sekaligus. Menurut informasi untuk album Kuku Ku dan Gigi Gigi, terjual sekitar satu juta kopi pada tahun 1994 dan 1995.

Side A :

1. Kuku-Ku (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang kuku jari-jari tangan dan kaki yang harus selalu dijaga kebersihannya, dan dipotong bila sudah mulai tumbuh panjang. Kuku tangan dan kaki tak boleh jorok ya. Kebersihan pangkal kesehatan.

2. Ikan Warna-Warna (cipt. Meddy/Gatot KWS)
adalah lagu cerita betapa senang memelihara ikan warna-warna, ada kuning juga merah. Setiap hari mereka lahap saat diberi makan, jangan rebutan. Kapan ikan tidur ya, matanya terbuka selalu.

3. Si Dino (cipt. Thonie AG)
adalah lagu tentang boneka lucu Dino namanya. Panjang ekornya, besar badannya, kalau jalan goyang pinggulnya. Dinosaurus kini tinggal cerita.

4. Do-Re-Mi (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang nada dan bunyi. Tolalitet bunyi terompet. Jreng jreng jreng suara gitar. Dang dung dang dung suara gendang. Do re mi .. yo nyanyi gembira bersama dan teruslah rajin belajar juga menabung ya.

5. Dufan (cipt. Ery Boerhan)
adalah lagu tentang rencana pergi berlibur bersama papa mma. Bermain sambil belajar macam-macam budaya seluruh dunia di Dufan. Bianglala, niagara, dan banyak permainan lainnya.

Side B :

1. Enggak Malu (cipt. Ery Boerhan)
adalah lagu tentang anak yang mulai mandiri. Mau makan ambil sendiri, minum juga, trus mau mandi juga bisa sendiri, berpakaian semua pakai sendiri. Malu kalau makan masih disuapin.

2. Film Kartun (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang asyiknya nonton TV tapi film kartun yang lucu ada Miki tikus dan teman-temannya. Anak-anak nonton film kartun.

3. Ulang Tahunku (cipt. Ery Boerhan)
adalah lagu tentang hari ulang tahun yang menggembirakan bagi anak-anak karena dapat hadiah dari mama papa dan teman-teman.

4. Aneka Satwa (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu cerita tentang nonton pentas aneka satwa. Linsang main bola, bangau bengong aja, beruang naik sepeda, semua bergaya, pintarnya, lucu, dan banyak makannya.

5. Kue Bolu (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang kue bolu yang selalu ada saat sarapan pagi, juga untuk bekal sekolah .. enak empuk kalau digigit .. semua makan, semua suka.


Kak Cikitha atau Chiquita Meidy atau biasanya dipanggil kak Chika ini lahir di Jakarta tanggal 22 Oktober 1990. Kak Chika masih ada keturunan dari MinangDan, inilah sampul kaset dari album Kampuang Jauah Dimato. Dulu kasetnya dibandrol Rp. 8.000,- berisi 10 lagu.














Side A :
1. Kampuang Jauah Dimato (cip. A Minos)
2. Baju Kuruang (cipt. Asbon Madjid)
3. Tak Tong Tong / Baraja Baretong - Kuku Ku (cipt. NN/Meddy Emde)
4. Dayuang Palinggam (cipt. NN)
5. Rajin Baraja (cipt. Meddy/Ery Boerhan)

Side B :
1. Bukit Tinggi (cipt. Meddy/Ery Boerhan)
2. Cari Cari (cipt. Meddy Emde)
3. Taragak Pulang (cipt. Ery Boerhan)
4. Takana Juo (cipt. Meddy/Ery Boerhan)
5. Ayam Den Lapeh (cipt. Abd Hamid)


Nah sekarang kita simak sampul kaset album Melody Nusantara. Sampul kasetnya keren, isi lagu-lagunya juga bagus. Dulu kasetnya dibandrol Rp. 13.000,- dengan isi buanyak lagu. Album ini dipersembahkan untuk teman-teman seluruh nusantara. Juga untuk kak Clarisza Meidy (adik kak Cikitha Meidy)













Lagu-lagu ini asli lagu daerah di Indonesia yang harus kita lestarikan. Kak Cikitha menyanyikan dengan riang sehingga anak-anak pasti suka.

Side A :

1. Kicir-Kicir (cipt. NN)
adalah lagu dari daerah Jakarta untuk menghibur hati yang duka. Apabila suka menyanyi badan sehat karena hati gembira. Selain itu bagi siapa saja yang rajin bekerja, pasti menjadi warga yang berguna.

2. Yamko Rambe Yamko (cipt. NN)
adalah lagu daerah papua yang energik dan terkesan menyenangkan. Tapi maknanya sangat menyedihkan, bertemakan tentang peperangan. Lagu ini menceritakan tentang pertikaian yang terjadi di dalam negeri, menjadi bunga bangsa atau pahlawan yang rela berkorban, bahkan sampai mati untuk mempertahankan Indonesia dari para penjajah.

3. Tak Tong-Tong (cipt. NN)
adalah lagu daerah Sumatera Barat.

4. Lembe-Lembe (cipt. Catje Hehanusa)
adalah lagu daerah Maluku.

5. Rambadia (cipt. NN)
adalah lagu daerah Sumatera Utara yang merupakan tegur sapa salam kenal orang batak dengan orang baru. Contohnya menanyakan nama marga atau keluarga, supaya semakin erat hubungan.

6. Ayo Mama (cipt. NN)
adalah lagu daerah Maluku yang bercerita tentang mama yang tak suka anak perempuannya digoda orang.

7. Soleram (cipt. NN)
adalah lagu daerah Riau yang berisi amanat untuk menjaga kehormatan harga diri dan mempertahankan malu sebagai budaya. Ada nasihat juga agar saat kita mempunyai teman baru jangan pernah kita melupakan teman lama.

8. Bubuy Bulan (cipt. Benny Corda)
adalah lagu daerah Jawa Barat. Katanya ini adalah lagu yang sedih.

9. Bolelebo (cipt. NN)
adalah lagu daerah Nusa Tenggara Timur, tentang kerinduan orang Timur terhadap kampung halamannya, saat lama merantau keluar daerah.

10. Ampar-Ampar Pisang (cipt. NN)
adalah lagu daerah Kalimantan Selatan yang dinyanyikan saat masyarakat membuat makanan dari pisang. Makanan ini bernama rimpi. Membuatnya dengan cara pisang diampar (disusun) kemudian dibiarkan hingga matang mendekati busuk. Kemudian pisang dijemur diampar (disusun) di bawah sinar matahari hingga mengeras dan mengeluarkan bau manis.

11. O Ina Nikeke (cipt. NN)
adalah lagu daerah Sulawesi Utara yang berisi percakapan antara ibu dengan anaknya. Sang anak bertanya ibu mau kemana? Kemudian ibu menjawab mau ke Manado, membeli kue. Kemudian anak meminta kepada ibunya untuk diberi, tapi sayang sudah terlambat, kuenya sudah habis.

12. Sipatokaan (cipt. NN)
adalah lagu daerah Sulawesi Utara yang bercerita tentang seorang ibu yang memberi nasehat dan ilmu pengetahuan kepada anaknya (bernama si Patokaan) untuk bekal saat merantau.

Side B :

1. Saputangan Babuncu Ampat (cipt. NN)
adalah lagu daerah Kalimantan Selatan yang berisi pesan agar berhati-hati dan tidak menyakiti hati orang. Untuk yang tersakiti, jangan disimpan di hati tapi harus dibuang supaya tak membebani seumur hidup. Harus saling mengasihi dan memaafkan.

2. Jibeak Awieo (cipt. Azwir)
adalah lagu daerah Bengkulu tentang masalah mencari pasangan hidup yang susah-susah gampang, kadang tak sesuai harapan.

3. Tanduk Majeng (cipt. NN)
adalah lagu daerah Madura yang menceritakan tentang kehidupan masyarakat nelayan harus menghadapi bahaya di laut, mempertaruhkan nyawa, hidup berbantal ombak dan berselimut angin, untuk menghidupi keluarganya.

4. Waktu Hujan Sore-Sore (cipt. NN)
adalah lagu daerah Maluku yang bercerita tentang dansa, orang Ambon gemar berdansa. Hal ini dipengaruhi oleh orang Belanda yang dulu menjajah Indonesia.

5. Suwe Ora Jamu (cipt. NN)
adalah lagu daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah yang berisi tentang dua orang yang lama tak berjumpa dan waktu bertemu ternyata membuat kecewa.

6. Anak Kambing Saya (cipt. NN)
adalah lagu daerah Nusa Tenggara Timur tentang orang tua yang mencari anak kesayanganya. Menggambarkan tentang kebersamaan orang tua dan anak.

7. Bungong Jeumpa (cipt. NN)
adalah lagu daerah Aceh kisah bunga cempaka terkenal di Aceh indah rupanya putih, kuning, bercampur merah. Bunga setangkai yang indah di bawah sinar rembulan, angin mendayu-dayu
bunga yang layu berguguran, saling bertumpukkan jika dicium, harum sekali baunya.

8. Lenggang Kangkung (cipt. NN)
adalah lagu daerah Jakarta tentang arti perbuatan yang dilakukan tanpa melihat aturan atau seenaknya sendiri, dan acuh terhadap dampaknya. 

9. Hela Rotan (cipt. NN)
adalah lagu daerah Maluku yang menceritakan tentang permainan tradisional hela rotan tarik tambang menggunakan rotan. Diselenggarakan saat ada acara perayaan.

10. Bindhe Biluhuta (cipt. Rusdin Palada)
adalah lagu daerah Gorontalo tentang makanan sup jagung, ikan atau udang yang diracik menjadi sangat lezat, disajikan panas-panas, serta memiliki tiga rasa manis, asin, dan pedas.

11. Paku Gelang (cipt. NN)
adalah lagu daerah Sumatera Barat merupakan lagu tema ayo pulang (perpisahan) yang mengajak pulang atau mengakhiri suatu kegiatan, karena ibu telah menunggu di rumah.


Akhirnya kita sampai pada album Ingat-Ingat. Sampul kasetnya makin meriah, yuk kita simak bersama-sama.













Isi lagunya ada 10 dan di lagu Uber-Uberan kak Cikitha turut serta dalam penyusunannya.

Side A :

1. Ingat-Ingat (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu nasehat agar selalu ingat pesan mama, papa, guru, dan nenek. Contohnya, mandi pagi, tak malas belajar, yang tak baik jangan ditiru, apalagi kalau suka beranten jadi tak punya teman. Tak lupa jaga kebersihan untuk kesehatan. Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh, bersih pangkal sehat, dan jagalah persatuan.

2. Jangan Menangis Negeriku (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu untuk negeri Indonesia yang indah, subuh, makmur, damai, ramah, tamah, aman, tenteram. Kala badai datang, mari berpegangan tangan selalu bersatu, berdoa agar badai segera berlalu. Jangan menangis, jangan bersedih.

3. Bangkitlah (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu yang mengajak untuk bersama-sama membangun negeri tercinta Indonesia. Bergandeng tangan menjaga persatuan bagi Indonesia. Bangkitlah, jangan ragu, ayo bersatu.

4. Bintang Cilik (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu yang menghibur semua kawan-kawan, juga mendokan agar semuanya sehat selalu dan bergembira. Tak ada sedih, tak ada murung, bersama bintang cilik.

5. Uber-Uberan (cipt. Meddy Emde/Cikitha)
adalah lagu cerita saat bangun kesiangan jadi uber-uberan, empot-empotan. Buru-buru mandi, dingin tak dirasakan. Gara-gara tidur kemalaman. Makanya setiap hari harus bangun pagi, badan sehat, ke sekolah tak terlambat. Kapok deh.

Side B :

1. Teka-Teki (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang permainan teka-teki. Kalau tak bisa menjawab jangan malu bertanya. 1+1=2, 2+2=4, rasa gula manis, rasa garam asin, rasa obat pahit, rasa sambal pedas.

2. Olah Raga (cipt.Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu ajakan untuk berolahraga pagi hari saat udara segar dan burung-burung bernyanyi. Bersama papa, mama, oma, opa, yuk giat olahraga. Mandi pakai sabun, gosok gigi pakai odol, badan harus bersih. Main tali, lari-lari, olahraga senam pagi, agar tubuh sehat selalu.

3. Lonceng Sekolah (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu tentang suara lonceng sekolah berbunyi tanda belajar dimulai. Setelah itu berbunyi lagi tanda istirahat. Saat libur rindu bunyi lonceng, neng nong, neng nong.

4. Nyamuk & Lalat (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang nyamuk yang membawa penyakit hidup di genangan air, dan lalat yang tidak bersahabat suka tempat kotor anyak sampah. Ayo bersihkan semua kotoran, agar tidak jorok. Bersih pangkal sehat.

5. Bingung (cipt. Meddy Emde)
adalah lagu saat bingung mencari buku pensil yang lupa ditaruh dimana. Ingatlah selalu pensil dan buku, jangan ditaruh sembarangan, supaya tak bingung mencarinya.


Kalau sampul kaset yang ini agak berbeda ya dibanding yang sebelumnya. Harga kasetnya Rp. 13.000,- isinya 10 lagu dan lagu andalannya adalah Keretaku. Kita lihat dulu sampul kasetnya.













Di album solo ke-14 ini ada lagu yang kak Cikitha ikut serta menulisnya. Nuansa irama country menjadikan beat-beat lebih segar terdengarnya. 

Side A :

1. Keretaku (cipt. Meddy Emde/Cikitha)
adalah lagu tentang kereta api yang melaju kencang keliling negeri nan indah pemandangannya, sungguh tiada terlukiskan karunia Tuhan, sentosalah negeri Indonesia.

2. Joging (cipt. Meddy Emde/Cikitha)
adalah lagu yang mengajak joging berlari bersama bersuka ria di pagi hari. Tubuh sehat kuat penuh semangat bersama papa, mama, adik, kakak, tak lupa ajak tetangga ya. Ceria, segar jadi giat belajar.

3. Jakarta (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang Jakarta kota metropolitan ibu kota pintu gerbang Indonesia. Kesibukan hari-hari tiada henti dalam menggapai cita-cita bersama deru kota. Terus maju bersama Jakarta.

4. Egois (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang sifat egois. Jangan suka usil, jangan ganggu, jagalah ketertiban supaya belajar jadi aman. Egois itu mau menang sendiri.

5. Kisah Burung Kecil (cipt. Meddy Emde/Cikitha)
adalah lagu kisah anak burung yang terbang sendiri jauh dari induknya. Pemburu pun menangkapnya. Menangislah si anak burung menyesal tak mendengar pesan induknya.

Side B :

1. Sahabat (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang sahabat yang lama tak jumpa nun jauh ditempat berbeda. Apa khabar sahabat, apa khabar sawah, ladang, air sungai, gunung-gunung, kicauan nyanyian burung-burung. Semoga selalu ceria.

2. Pelajar (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang tugas seorang pelajar, tak bosan belajar sedari kecil, untuk bekal dihari nanti. Tak membuang waktu, tak malas belajar, pasti jadi anak pintar. Rajinlah selalu baca buku, menuntut ilmu, semua pasti kan berguna.

3. Liburan (cipt. Meddy Emde/Ery Boerhan)
adalah lagu tentang gembiranya pergi liburan bersama teman-teman semua. Mendaki gunung, menghirup udara segar, main pasir dipantai, dihembus angin yang sepoi-sepoi.

4. Suka Baca Buku (cipt. Meddy Emde/Cikitha) 
adalah lagu tentang manfaat baca buku. Yang tadinya tak tahu menjadi tahu. Bisa karena mencoba. Tadinya tak bisa, sekarang jadi bisa. Semua karena membaca.

5. Alam Desa (cipt. Meddy Emde/Cikitha)
adalah lagu tentang pesona terhampar nun disana indahnya alam desa, sawah dan ladang. Air sungai, kicauan burung, damai suasana.


Dibawah ini sampul CD kumpulan lagu terlaris kak Cikitha Meidy


















Kak Chika saat ini telah dewasa dan menjadi anggota dari penyanyi Dewiq. Album perdananya ialah Tergantung Kamu yang dirilis pada tahun 2008. Album ini menjadi album ke-26 sepanjang kariernya sebagai penyanyi.

Sukses kak Chika!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar