Kamis, 07 Januari 2016

Nova Triend

Sampul Kaset Album : Topeng Monyet (2000)

Penyanyi cilik kak Nova Triend mempersembahkan album berjudul Topeng Monyet.

nova triend album topeng monyet www.sampulkasetanak.blogspot.co.id


nova triend album topeng monyet www.sampulkasetanak.blogspot.co.id
nova triend album topeng monyet www.sampulkasetanak.blogspot.co.id

nova triend album topeng monyet www.sampulkasetanak.blogspot.co.id













Side A :

1. Topeng Monyet (cipt. H. Rustam Effendi)
adalah lagu tentang "ledhek kethek" atau kesenian topeng monyet. Jadi ingat jaman dulu .. kenapa ya di banyak tempat, abang yang nawarin hiburan topeng monyet nyebut monyetnya dengan Sarimin .. contohnya Sarimin pergi ke pasar bawa payung, trus Sarimin naik motor, kemudian Sarimin guling-guling .. dan perintah lainnya. Dari beberapa sumber di internet, ternyata ada kisahnya loh. Pada suatu waktu, ada seorang pengembara yang bernama Sarimin. Selama melakukan pengembaraan, dia mengalami banyak kesulitan hidup. Namun, walaupun dia sering mengalami kesulitan, Sarimin tetap ingin mendapatkan uang dengan cara yang halal. Nah, ketika dia sedang mencari ide bagaimana cara untuk mendapatkan uang dengan cara yang halal, Sarimin bertemu dengan kawanan monyet liar di hutan belantara. Sarimin berteman dengan kawanan monyet itu dan mulai melatih monyet dengan beberapa keahlian yang unik. Setelah si monyet dilatih, akhirnya Sarimin mengadakan pertunjukan monyet secara kecil-kecilan yang ternyata disukai oleh banyak orang terutama anak-anak. Dari pertunjukannya itulah akhirnya Sarimin mendapatkan uang dengan cara yang halal. Waktu terus berlalu, akhirnya pada suatu hari Sarimin meninggal dunia. Sebagai bentuk penghormatan anaknya kepada Sarimin, akhirnya si anak meneruskan usaha Sarimin. Dan setiap monyet yang melakukan atraksi topeng monyet diberikan nama Sarimin oleh anak itu karena menjadi simbol pencari uang yang halal. Begitu ceritanya. Banyak yang protes juga sich karena si anak kok tega-tega nya pakai nama bapaknya. Hadeuuh .. sekarang terserah abang yang keliling aja deh kayaknya. Mau kasih nama yang lain juga ga papa ya.

2. Siapa Dia (cipt. Esty L)
adalah lagu teka-teki siapa dia. Dilihat sedang beraksi di depan kamera. Asyik gayanya dan lucu orangnya. Tiada berbeda dengan si hitam dikelas. Siapa ya? Coba didekati.

3. Pemalas (cipt. Helmi B Archan)
adalah lagu tentang si Pemalas yang dengkulnya lemes, karna bangun pagi malas .. mau mandi malas .. belajar dan mengerjakan PR malas, bantu mama di rumah malas juga. Kalau mau pintar jangan suka malas. Kata pak guru, kalau malas tak naik kelas. Ayo jangan malas! Bertanyalah selalu, supaya bertambah ilmumu.

4. Aku Jago Kungfu (cipt. Alfred M)
adalah lagu tentang ilmu kungfu yang hanya digunakan untuk membela yang lemah, dan menjunjung tinggi kebenaran.  

5. Topeng Monyet (cipt. H. Rustam Effendi)
adalah lagu yang sama dengan lagu di track nomor 1.

Side B :

1. Sepatu Roda (cipt. H. Rustam Effendi)
adalah lagu tentang kakek yang bertanya kok ada sepatu ada rodanya. Itu sepatu roda namanya Kek. Hati-hati memakainya ya, olala kakek terhuyung-huyung naik sepatu roda seperti orang bingung :)

2. Roket (cipt. Nosita)
adalah lagu bagi yang ingin menjadi astronot. Naik roket terbang tinggi ke angkasa. Melihat bintang, ketemu Superman, Sailormoon, dan Star Trek.

3. Pesan (cipt. Nosita)
adalah lagu untuk yang masih muda, kejarlah cita-cita, jangan hura-hura dan maunya seenaknya saja. Jadilah berguna bagi nusa bangsa. Selalu ingat nasehat bunda, serta jangan main cinta sebelum waktunya.

4. Coba Lagi (cipt. Alfred M)
adalah lagu tentang semangat tiada henti. Gagal jangan disesali, jangan diulangi, benahilah diri.

5. Sepatu Roda (cipt. H. Rustam Effendi)
adalah lagu tentang kakek yang bertanya kok ada sepatu ada rodanya. Itu sepatu roda namanya Kek. Hati-hati memakainya ya, olala kakek terhuyung-huyung naik sepatu roda seperti orang bingung :)

Nah album kak Nova Triend ini ikut mengabadikan kesenian Topeng Monyet yang sudah turun temurun. Apakah di tempat tinggalmu masih ada?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar