Rabu, 30 Desember 2015

Cindy Cenora

Sampul Kaset Album : Krismon (1999), Asyiik (2000), Gembala Sapi (2001), Kekecilan (1999) 


Penyanyi cilik kak Cindy Cenora yang lahir di Jakarta tanggal 17 Desember 1990 ini dikenal dengan gayanya yang energik saat membawakan lagu Aku Cinta Rupiah.


Sampul kaset album yang berjudul Kekecilan (1999) ini agak unik loh. Coba kita perhatikan baik-baik. Ada cara khusus untuk melipat sampulnya supaya bisa masuk ke wadah kasetnya. Kalo ada yang belum memiliki kasetnya cukup dibayangkan saja. Sampul kasetnya besar dan lebar.


Dapat bonus poster pula. Okay, kita bahas saja isi lagu yang ada di album kak Cindy yang ke-2 ini.

Side A :

1. Kekecilan (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu tentang sebuah baju yang kekecilan sehingga terpaksa ditarik-tarik akibat kesempitan jadi sobek karena sudah tak muat lagi dipakai. Ternyata badan ini semakin tinggi dan besar.

2. Pulau Bali (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu penggambaran keindahan pulau Bali salah satu andalan pariwisata Indonesia.

3. Aku Cinta Rupiah (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu tentang mata uang negara Indonesia. Kak Cindy mengajak kita untuk berbelanja menggunakan alat tukar uang Rupiah. Bukan uang negara lain atau asing ya.

4. Mobil Jemputan (cipt. Did Setiawan)
adalah lagu tentang mobil jemputan sekolah yang setiap pagi selalu nongol di depan rumah. Tunggu ya pak sopir, baru pakai sepatu niy!

5. Badut (cipt. Becki)
adalah lagu tentang badut yang perutnya gendut, tingkahnya lucu, bikin tertawa sampai sakit perut. Ada juga yang pintar naik sepeda roda satu dan akrobat.

Side B :

1. Kepang (cipt. Ivan Bt/Yudhi AR)
adalah lagu yang menceritakan tentang rambut yang hitam panjang yang kadang bikin gerah sewaktu udara panas. Mama bilang harus dikepang. Siapa yang pernah rambutnya dikepang? Kepang dua? Atau kepang banyak?

2. Dijewer (cipt. Gito Daglog)
adalah lagu kisah anak sekolah yang ngantuk di kelas gara-gara tidurnya malam akibat nonton TV keasyikan, trus kurang tidurnya. Akhirnya dijewer sama pak Guru, di setrap karena tidur diwaktu belajar.

3. Goodnight Mama (cipt. Hendrix RS/Anny RS)
adalah lagu pas mau tidur. Jangan lupa sebelum bobok cium pipi mama papa opa oma. Oiya, pipis dulu dan minum susu, juga berdoa. Tak ketinggalan cuci tangan kaki dan gosok gigi. Tidur nyenyak besok bangun pagi.

4. Bis Tingkat (cipt. Didiet Pri)
adalah lagu kisah serunya naik Bis Tingkat keliling kota bersama papa mama di hari minggu yang ceria. Asyik duduk diatas dekat jendela melihat pemandangan kota. Dulu ada bis tingkat.

5. Ulang Tahunku (cipt. Jujun JA)
adalah lagu sewaktu ulang tahun mendapat hadiah boneka yang lucu. Terima kasih papa mama, juga teman-teman yang datang ke pesta ulang tahun. Hati senang dan gembira.




Album kak Cindy selanjutnya ada hubungannya ketika negara Indonesia mengalami masa krisis moneter, kak Cindy mengeluarkan album ke tiga yang berjudul Krismon.



Di album ini ada kak Cindy menyanyikan 8 lagu

Side A :

1. Krismon (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu yang menggambarkan kondisi saat krismon. Mau beli baju baru, sepatu baru, dan mainan, oh mama bilang jangan dulu ya, sedang krismon. Tidak ada yang murah. Papa mama pusing kepala, anak-anak cuek aja karena belum mengerti itu apa. Yuk cintai buatan Indonesia, harga murah mutu tak kalah, tersedia dimana-mana. 

2. Ini Indonesiaku (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu yang melukiskan keindahan negeri Indonesia tanah airku. Tempatku dilahirkan dan dibesarkan. Laut, hutan, pantai, dan gunung sungguh mempesona. Beraneka budaya terbentang dari Sabang hingga Merauke.

3. Pulanglah Papa (cipt. Obbie Mesakh/Tonny Hawaii)
adalah lagu sedih karena papa tak kunjung pulang. Semoga teman-teman tidak mengalami dan merasakannya ya.

4. Mogok Lagi (cipt. Imam S Mirnof/Asep P)
adalah lagu tentang mobil papaku yang mogok lagi mogok lagi. Didorong-dorong, dikutak-kutik mesinnya, tetap mogok lagi mogok lagi, hua ha repotnya.

Side B :

1. O O .. (cipt. Andi Peking)
adalah lagu curhat anak-anak yang berjanji mengerjakan PR nya, jika mama datang PR sudah selesai. Tapi apa daya penginnya main. Pas mama datang kelabakan deh, mainan masih berantakan, PR belum terselesaikan. Alamak jadi bingung dibuatnya. 

2. Macam-Macam Uang (cipt. Oom Faizal)
adalah lagu pengetahuan tentang bermacam-macam uang yang beredar. Ada uang kertas hingga logam. Mau jajan pakai uang, mau jalan-jalan bekal uang, beli buku, baju, tas sekolah, juga pakai uang. Jika punya uang lebih baik ditabung dulu.

3. Kekenyangan (cipt. Tio Andhesma)
adalah lagu tentang anak yang suka makan sampai kekenyangan. Masih juga ngemil. Tidak baik kekenyangan, perut buncit mirip badut. Makan secukupnya saja.

4. Jadi Pramugari (cipt. Rachmat AS)
adalah lagu penyemangat bagi yang punya cita-cita menjadi pramugari. Bisa jalan-jalan keliling dunia naik pesawat terbang. Bawa oleh-oleh untuk mama papa juga kakak adik di rumah. Di Tokyo beli Kimono, di Cina beli Guci kuno, di Turki beli permadani, di Arab beli buah kurma. Di Belanda beli keju, di Paris beli parfum, di Amerika beli topi koboi, di Australia beli mantel bulu.

Terima kasih kak Cindy sudah mengabadikan masa krismon.


Saatnya kita bahas album yang berjudul Asyiik (2000). Yuk simak dulu sebelum kita bahas sampul kasetnya.






Side A :

1. Asyiik (cipt. Papa T Bob)
adalah lagu bagaimana asyiknya menjadi anak-anak karena kalau pengin apa-apa tinggal bilang sama mama papa. Semua sayang, asyiik.

2. Mata Kita (cipt. Yayuk S)
adalah lagu tentang berbagai macam mata. Ada matahari, mata angin, mata air, matador, mata kucing, mata genit dan mata kaki. Eh ada juga telur mata sapi, paling enak dimakan pagi-pagi.

3. Jakarta Tempo Dulu (cipt. Tonny Hawaii)
adalah lagu tentang kota Jakarta jaman dulu yang identik dengan budya Betawi. Belum macet, masih banyak delman dan becak. Dulu tontonannya kesenian ondel-ondel dan si Pitung jagoannya.

4. Hello Apa Khabar (cipt. Ladina)
adalah lagu dimana kak Cindy menyapa semua anak-anak di Nusantara, ada yang dari Padang, Aceh, Ambon, Irian, Bali, Jawa, Palu, Manado, Kalimantan, Timor, semuanya.

5. Ingatlah (cipt. Yos Andesto)
adalah lagu yang mengingatkan agar rajin belajar. Buah salak bukannya nanas, buah manggis manis rasanya. Kalau kamu sukanya malas, tentu tidak naik kelas. Trus ada kodok bermain gitar, nyanyi nyanyi di tengah sawah. Kalau kamu rajin belajar, tentu menjadi anak pintar.

Side B :

1. Lanina (cipt. Yance S)
adalah lagu tentang musim yang mulai berganti. Lanina namanya. Ia datang tak diundang, kadang membawa bencana alam.

2. Jambu Monyet (cipt. Admiral)
adalah lagu yang cerita tentang baju baru yang dibeli papa di pasarbaru. Aduh kena getah jambu. Bju baru jadi jelek gara-gara getah jambu .. jambu monyet yang lengket.

3. Jagung Bakar (cipt. Admiral/Donny SP)
adalah lagu kisah buah berambut tapi bukan rambutan. Namanya jagung. Paling enak direbus dan dibakar. Di kipas bukannya gerah, ditusuk bukannya sate, semua orang suka. Boleh pedas boleh asin, boleh juga manis .. Jagung bakar.

4. Si Kodok (cipt. Ladina/Nick Dor)
adalah lagu cerita hewan pemanggil hujan yaitu si Kodok yang saat hujan senang, banjir juga senang.

5. Disayang Dimanja (cipt. Yayuk S)
adalah lagu kalau mau disayang dan dimanja papa mama maka harus dengar nasehatnya, harus patuh perintahnya. Belajar yang rajin ya.

Supaya tambah asyik, yuk kita simak aksi kak Cindy Senora dengan lagu Asyiik



Selanjutnya kita simak album kak Cindy berjudul Gembala Sapi (2001) yang sangat terkenal, sampul kasetnya juga bagus. Kak Cindy mempersembahkan 10 buah lagu dengan bandrol harga kaset saat itu Rp. 14.000,-
















Side A :

1. Gembala Sapi
adalah lagu ceria tentang bagaimana kerja si gembala sapi. Jika hari sudah petang, sapi pulang ke kandang.

2. Burung Kakatua
adalah lagu cerita burung Kakatua, selalu hinggap di jendela. Nenek sudah tua, giginya tinggal dua.

3. Dansa Yo Dansa (cipt. Titiek Puspa)
adalah lagu yang mengajak untuk riang gembira. Buat apa bermuram durja, habis waktu dengan percuma, hati nelangsa buat apa. Mending dansa yo dansa.

4. Tante Cerewet (cipt. A Riyanto)
adalah lagu kisah seorang tante yang cerewet. Sukanya marah-marah melulu. Anak-anak takut dengannya. Kadang tante suka menyanyi, suaranya seperti kelinci. Tertawa kalau mendengarnya.

5. Pergi Ke Bulan (cipt. A Riyanto)
adalah lagu tentang hari libur yang diisi dengan bertamasya. Tak lupa membawa bekal supaya tidak kelaparan diperjalanan. Ayo naik delman atau onta, ramai-ramai pergi ke bulan.

Side B :

1. Teman Baru (cipt. Jasir Sjam)
adalah lagu tentang teman-teman baru yang baik. Teman-teman yang akan menjadi teman sejati.

2. Gg Kelinci (cipt. Titiek Puspa)
adalah lagu yang bercerita tentang sebuah jalan di Jakarta yang bernama gang kelinci. Tidak ada yang tahu mengapa namanya kelinci. Di sana aku dilahirkan. Semua hidup rukun dan damai. 

3. Main Tali (cipt. Yance S)
adalah lagu tentang permainan anak-anak jaman dulu. Loncat tali, satu orang pegang diujung, satu lagi pegang diujung, jangan dilepas ya. Kemudian putar sambil loncat-loncatan. Awas kaki nyangkut. Kalo nyangkut gantian pegang talinya.

4. Pulau Seribu (cipt. A Riyanto)
adalah lagu tentang pulau yang indah permai pemandangan nyiur melambai di sepanjang pantai. Pulau Seribu.

5. Teluk Bayur (cipt. Zainal Arifin)
adalah lagu tentang perpisahan dengan kampung halaman dan handai taulan pergi belajar ke negeri seberang mencari ilmu di negeri orang untuk bekal kelak di hari tua.

Suka banget sama lagu dan gaya kak Cindy Cenora .. hi yo ho ho ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar